Scroll
About
Presentation
Project
Contact
16 Sep 2018

7 Trend Interior Gaya Modern dan Minimalis untuk Hunian


Sumber : contemporist.com

Sepanjang tahun 2017, rumah bergaya modern dan minimalis paling diminati pemburu hunian. Selain karena harganya terjangkau, arsitektur ini lebih unik dan elegan. Pun terkesan rapi, bersih, serta simpel.

Memasuki tahun 2018, peminat trend interior style modern minimalis diprediksikan meningkat. Tentunya, dengan inovasi baru yang lebih memikat. Dari mulai pemilihan warna hingga penataan dekorasi ruangan.

Penasaran seperti apa desainnya? Berikut ini ada 7 ide interior yang sedang hits untuk hunian gaya modern dan minimalis. Yuk, simak!

1. Warna Dinding yang Lebih Tegas dan Berani

Referensi pemakaian Backsplash berwarna kuning. Sumber : Pinterest.com

Kalau rumah modern minimalis tahun lalu didominasi aksen monokrom, kini warna yang dimainkan justru lebih tegas dan berani. Para designer interior mengungkapkan; kuning menjadi warna favorit di tahun 2018. Palet ini memunculkan aura percaya diri, semangat, serta antusias.

Selain kuning, warna kombinasi hijau dan biru diprediksikan populer di tahun 2018. Interior yang dipoles corak tersebut terlihat lebih modern, dinamis, serta positif. Bahkan, warna krem bisa dipadukan dengan merah menyala agar suasana di dalam rumah lebih hidup.

2. Keramik Pelapis Lantai Favorit Rumah Minimalis

Referensi pemakaian lantai parquet dengan furniture hitam putih. Sumber : Pinterest.com

Design interior modern pada rumah minimalis tecermin dari motif dan warna lantai yang digunakan. Anda bisa menggunakan keramik sebagai pelapis lantai agar terkesan berkelas. Namun, jangan sembarangan memilih keramik. Pastikan, coraknya serasi dengan perabot ataupun dinding interior.

Jika dinding berwarna kalem, pasang keramik beraksen cerah contohnya putih. Atau bisa menggunakan keramik cokelat sesuai dengan warna perabot di ruangan tersebut. 

Anda juga bisa menghidupkan nuansa alam melalui lantai keramik bermotif kayu. Padukan dengan dinding beraksen putih dan perabot hitam. Jadi, kesannya lebih elegan, luas, serta bersih.

Baca juga : 7 Trik Kreatif Mendesain Ruangan yang Sempit agar Tampak Luas

3. Furnitur Ramping dengan Warna Cerah

Sumber : Pinterest.com

Agar rumah modern minimalis tidak terkesan sumpek, Anda harus hati-hati dalam memilih furnitur. Hindari meletakkan perabot berukuran besar di interior hunian minimalis. Pasalnya, ruangan bisa terlihat sesak dan sempit. 

Jadi, pilihlah furnitur ramping untuk memberikan efek luas di dalam rumah. Supaya terlihat lebih dinamis, berikan sentuhan perabot berwarna cerah. Atau sesuaikan dengan aksen dinding. Semisal, motif kursi mengikuti warna hijau muda pada dinding.

4. Dekorasi Monokrom Cara Menghias Ruangan agar Elegan

Referensi interior dengan warna monokrom. Sumber : Pinterest.com

Siapa bilang, warna monokrom hitam dan putih terkesan kaku? Pola ini bisa terlihat dinamis jika dipadukan dengan aksen lain, seperti hijau gelap dan abu-abu. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan furnitur kayu untuk menghidupkan nuansa etnik.

5. Dekorasi Pop Retro untuk Menghidupkan Suasana di Ruang Keluarga

Referensi interior dengan warna cerah, berani dan terang. Sumber : Pinterest.com

Dekorasi pop retromengacu pada warna cerah, berani, dan tajam. Inspirasi ini dihadirkan dari tren di masa lalu, kemudian dikombinasikan dengan interior modern. Prinsipnya, aksen retroharus kontras dan terang.

Anda bisa menerapkan dekorasi ini pada ruang keluarga. Tempatkan ruangan tersebut di sudut interior, lalu letakkan sofa berwarna ungu dan kuning. Tambahkan karpet minimalis bercorak hijau, sebuah meja kecil, serta lukisan khas era 1950-an.

6. Dapur Simpel, tetapi Fungsional

Memiliki rumah mungil harus pandai membagi interior termasuk membuatkan dapur. Anda bisa meletakkan kitchen setsederhana dengan aksen putih. Sebagai pelengkap, letakkan meja-kursi makan berbahan kayu. Pastikan bentuknya ramping agar tidak memakan spacedapur.

Untuk lemari es, bisa diletakkan berdampingan dengan kitchen set. Jika kekurangan tempat, buatlah rak tempel di dinding dapur. Terakhir, agar terkesan luas, hilangkan langit-langit di ruangan ini.

7. Memanfaatkan Ruang Kosong di Bawah Tangga

Referensi ruang di bawah tangga untuk ruang kerja. Sumber : Pinterest.com

Beberapa rumah minimalis modern biasanya dibangun bertingkat. Meski begitu, ukuran ruangan tetap terbatas. Untuk menyiasatinya, Anda bisa manfaatkan spacekosong di bawah tangga. 

Semisal, menggunakan ruang kosong tersebut sebagai tempat buku atau perpustakaan mini. Bisa juga dijadikan kantor pribadi yang berupa meja komputer dan rak gantung. Bahkan, Anda dapat menyulapnya sebagai lemari pakaian.

Baca juga : 7 Ide Interior Keren untuk Rumah Gaya Scandinavian

Itulah sekilas tentang trend interior gaya modern dan minimalis untuk hunian. Semoga bisa dijadikan acuan dalam menata rumah mungil Anda.