Scroll
About
Presentation
Project
Contact
02 Apr 2024

5 JENIS LANTAI DALAM DESAIN INTERIOR


Dengan memahami karakteristik dan keunggulan masing-masing jenis lantai, pemilik rumah dan desainer interior dapat memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan fungsional, gaya desain, dan anggaran proyek mereka, sehingga menciptakan ruangan yang indah, fungsional, dan tahan lama. Berikut adalah beberapa jenis lantai yang umum digunakan dalam desain interior.

Lantai keramik adalah salah satu pilihan yang populer dalam desain interior, terbuat dari campuran tanah liat yang dipadatkan dan dibakar pada suhu tinggi sehingga menghasilkan bahan yang keras dan tahan lama. Dengan permukaan yang dilapisi glasur, lantai keramik mampu menahan air, goresan, dan noda, menjadikannya ideal untuk area dengan kelembaban tinggi seperti kamar mandi, dapur, dan teras. Kelebihan lainnya adalah ketersediaan dalam berbagai warna, pola, dan tekstur, memberikan fleksibilitas dalam menciptakan desain yang sesuai dengan preferensi estetika penghuni ruangan. Kemudahan perawatan dan keandalannya menjadikan lantai keramik sebagai pilihan yang praktis dan fungsional bagi banyak rumah dan proyek komersial.

Lantai marmer, dengan keindahan alami dan kemewahannya, terbuat dari batuan alam yang bervariasi dalam warna dan tekstur. Permukaannya yang diasah menghasilkan kilau alami yang menambah pesona ruangan. Meskipun cenderung lebih mahal daripada lantai lainnya, lantai marmer memiliki daya tahan yang luar biasa dan memberikan nilai investasi jangka panjang bagi rumah atau bangunan. Cocok untuk ruangan dengan lalu lintas ringan seperti ruang tamu, kamar tidur, dan ruang makan, lantai marmer menjadi pilihan yang tak lekang oleh waktu bagi penghuni yang menghargai keindahan dan kemewahan.

Lantai granit, di sisi lain, menawarkan kemewahan dan ketahanan yang luar biasa dengan bahan yang terbuat dari batuan alami yang dipotong dan diasah. Kekuatan dan kepadatannya menjadikannya sangat tahan terhadap goresan, aus, serta kerusakan akibat lalu lintas berat, menjadikannya pilihan yang ideal untuk area komersial dan lobi hotel. Selain itu, lantai granit juga mudah dibersihkan dan memiliki penampilan yang mewah, menambah nilai estetika ruangan dengan sentuhan alami yang elegan.

Lantai kayu, dengan tampilan hangat dan alami serta kenyamanan di bawah kaki, menambahkan nuansa kehangatan ke dalam ruangan. Terbuat dari berbagai jenis kayu seperti oak, maple, atau walnut, lantai kayu memberikan fleksibilitas dalam desain dengan variasi warna dan pola yang tersedia. Meskipun perlu dihindari dari paparan air secara langsung seperti di kamar mandi, lantai kayu cocok untuk hampir semua area kecuali yang terkena air, menjadikannya pilihan yang populer untuk rumah tinggal dan ruang komersial.

Terakhir, lantai parquet menampilkan keunikan dan artistik dengan potongan-potongan kecil kayu yang disusun dalam pola geometris seperti kotak atau segi empat. Fleksibilitas dalam desain dan kemampuan untuk dipasang ulang membuat lantai parquet ideal untuk ruangan dengan desain klasik atau kontemporer. Ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur dapat ditingkatkan dengan sentuhan yang unik dan elegan dari lantai parquet, menambah daya tarik visual dan kehangatan ke dalam ruangan.

Chat us on whatsapp