Scroll
About
Presentation
Project
Contact
24 Jan 2019

Macam-Macam Jenis Lantai untuk Desain Interior


Dalam hal desain interior pemilihan jenis lantai adalah salah satu yang paling utama dan penting diperhatikan. Ada berbagai macam jenis lantai untuk interior dengan spesifikasi, tampilan dan tekstur yang berbeda beda.

Ada baiknya selain soal desain tampilan anda juga mempertimbangkan dari segi rasa dan kenyamanan agar di dalam hunian, khususnya lantai bisa maksimal dari segi estetika dan rasa. Mungkin dari anda sudah mengerti beberapa macam pilihan lantai yang sudah umum.

Karakteristik konsep ruangan menjadi tolak ukur anda ingin menggunakan jenis lantai apa, bisa anda diskusikan bersama desainer interior. Ini tentu saja untuk memaksimalkan nilai estetika desain interior pada ruangan selain pada fungsi dan penampilan.

1. Lantai keramik

Pilihan lantai yang paling umum digunakan terutama rumah dan bangunan kantor ini punya kelebihan dari segi keawetan, harga terjangkau dan banyak pilihan variasi. Namun trend model keramik cepat sekali berubah dalam kurun waktu 5-10 tahun sehingga meskipun awet tetap ada rasa jenuh saat keramik terlihat sudah usang.

Banyak pilihan merek yang berdasar dari kualitas dan kemewahan menjadikan pilihan yang utama bagi yang memang lebih suka dengan kualitas lantai keramik dan bermain di model warna dan tekstur saja.

2. Lantai Marmer

Disebut juga dengan marble, jenis lantai yang berasal dari bongkahan batu pualam ini akan memberikan kesan mewah pada ruangan. Ruangan yang menggunakan lantai marmer sudah pasti mempunyai nilai kemewahan yang tinggi.

Karena mempunyai tekstur yang unik dan mewah, marmer sering juga digunakan sebagai pelapis dinding rumah dan memiliki karakteristik warna yang natural, mengkilap dan dapat menyerap cairan dengan cepat. Bagi anda yang memang punya selera tinggi, marmer bisa menjadi pilihan yang terbaik.

3. Lantai Granit

Hampir sama dengan jenis marmer namun lebih banyak varian dan harganya sedikit dibawah marmer. Kesan mewah dan berkelas pada granit sudah sangat populer. Bahkan granit bisa diterapkan untuk lantai, dinding, dan juga meja.

Baca juga : 6 Kesalahan Umum Mendekorasi Ruangan yang Harus Dihindari

Awek, kuat, dan mempunyai penampilan yang indah dari permukaan teksturnya yang mengkilap adalah tawaran yang sulit ditolak bagi anda yang suka dengan suasana natural yang mewah.


4. Lantai Kayu

Pilihan dari jenis kayu jati, ulin, dan merbau bisa menjadi pilihan anda yang suka dengan suasana natural woody. Dari berbagai pilihan antara keramik, granit, dan marmer, lantai kayu biasanya lebih eksklusif.

Kebanyakan pemakai lantai kayu hanya untuk rumah pribadi dan kamar pribadi, karena tekstur kayu yang mudah tergores dan lecet jika terlalu lama digunakan. Rumah pribadi yang menggunakan kayu bisa terasa sangat natural dan mewah. Selain itu ciri khas kayu asli adalah sangat nyaman, tidak dingin maupun panas di segala cuaca.

Lantai kayu biasanya banyak digunakan di negara-negara dengan iklim dingin karena sifatnya yang cenderung stabil saat musim dingin.


5. Lantai Parquet

Berbahan dasar olahan kayu yang lebih banyak variasi model dan tekstur, parquet banyak diminati. Kelebihannya adalah kesan mewah, nyaman dan harganya pun terjangkau

Bisa diaplikasikan di rumah, kantor, apartemen, public space seperti store dan cafe, parquet sangat elegan dan estetikanya bagus. Harganya sedikit lebih mahal dari keramik namun mempunyai banyak kelebihan yaitu

Mudah dalam pemasangan dan penggantian jika suatu saat bosan atau sudah tidak layak pakai. Kesan woody dan naturalnya sangat disukai untuk ruangan interior dengan berbagai macam warna yang bisa disesuaikan dengan konsep raungan.

Baca juga : 5 Trik Mendekorasi Ruangan dengan Gaya Interior Klasik dan Klasik Modern