Scroll
About
Presentation
Project
Contact
16 Sep 2018

5 Tips Interior Rumah Gaya Zen agar Menyatu dengan Alam


Sumber : Pinterest.com

Hunian bernuansa alam diprediksikan menjadi trend interior di tahun 2018. Salah satunya adalah rumah gaya zen desain yang didominasi warna-warna natural. Konsep ini biasanya diterapkan pada tempat yoga atau spauntuk memunculkan suasana relaks.

Namun ternyata, orang Jepang sudah lebih dulu menggunakan gaya zenuntuk interior rumahnya. Mereka menciptakan hunian yang sarat tradisi kuno, tanpa meninggalkan style kekinian.

Rumah gaya zendibangun berdasarkan dua hal. Pertama, design interior hunian mesti mengandung unsur meditasi dan harmonisasi. Pasalnya, istilah zenmengacu pada kondisi batin yang tenang.

Kedua, konsep hunian ini harus menyatu dengan alam. Artinya, ada keselarasan antara sisi modern, tradisional, dan nuansa natural.

Nah, bagi yang ingin memperbaiki design interior rumah di tahun 2018, gaya zenbisa menjadi solusi terbaik. Agar suasana natural benar-benar terbentuk di hunian Anda, simak tips dekorasi rumah berikut ini.

1. Terapkan Warna Elemen Kayu dan Batu

Referensi bahan material dominan pada interior Zen. Sumber : Pinterest.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, warna alami merupakan ciri khas rumah gaya zen. Itu sebabnya, elemen kayu dan batu dijadikan palet dasar pada dekorasi hunian ala Jepang ini. Prinsipnya, susunan warna ala gaya zenharus dimulai dari yang gelap sampai terang. 

2. Gunakan Bahan Kain Alami untuk Gorden

Referensi bahan gorden pada interior Zen. Sumber : Pinterest.com

Implementasi konsep natural juga berlaku untuk pemilihan gorden. Gunakan warna-warna netral yang selaras dengan cat dinding dan furnitur. Selain itu, pastikan bahan gorden terbuat dari bahan alami.

Baca juga : 5 Trik Mendekorasi Ruangan dengan Gaya Interior Klasik dan Klasik Modern

3. Perbanyak Jendela, Kurangi Partisi

Referensi bukaan ruang pada interior Zen. Sumber : Pinterest.com

Jendela merupakan salah satu bagian yang harus ada di dalam rumah sehat. Benda ini berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara dan masuknya cahaya matahari. Namun, pada hunian bergaya zen, kegunaannya lebih dari sekadar itu. 

Di hunian bergaya interior zen,jendela ibarat kanvas untuk melihat pemandangan di luar. Melalui jendela, penghuni rumah bisa merelaksasi diri dengan menikmati suasana hijau dan asri. Karena itu, jumlah jendela berukuran besar harus lebih banyak ketimbang rumah pada umumnya.

Kebalikan dari jendela, partisi atau pembatas ruangan di hunian ini mesti dikurangi. Pasalnya, interior rumah gaya zen cenderung terbuka dan terkesan luas. Kalaupun membutuhkan, bisa memasang shoji - partisi ala Jepang - berbahan panel kaca dalam gridkayu.

4. Membuat Taman Zendi dalam Rumah

Referensi taman dengan sentuhan zen. Sumber : Pinterest.com

Anda pernah melihat taman tanpa sentuhan air? Itulah yang disebut taman zen-dekorasi khas kuil atau rumah Jepang. Elemen utamanya terdiri dari pasir, bebatuan, dan rumput hijau.

Nilai-nilai yang harus dipenuhi dalam membuat taman ini, yaitu minimalis, memiliki estetika tinggi, serta menyatukan semua unsur. Selain itu, desain taman zenmesti bisa diimplementasikan untuk interior maupun eksterior hunian.

5. Menggunakan Mebel dengan Unsur Kayu atau Bambu

Referensi pemakaian material bambu pada area tangga. Sumber : Pinterest.com

Rumah gaya zenbiasanya mengutamakan bahan-bahan kayu atau bambu untuk furnitur atau perabot. Unsur kayu menjadikan hunian Anda terasa hangat dan nyaman. Benda ini pun menciptakan kesan sederhana, tetapi elegan.

Sementara itu, bambu merupakan bahan dekorasi ruanganyang unik dan eksotis. Bambu mampu menunjukkan sisi etnik dari gaya desain interiorala zen. Pun bahan ini lebih tahan lama dan mudah merawatnya.

Baca juga : 7 Trend Interior Gaya Modern dan Minimalis untuk Hunian

Jadi, kapan Anda mulai merancang rumah gaya zen? Terapkantips interiordi atas, lalu rasakan kenyamanan di dalam hunian. Dengan demikian, Anda dan keluarga tak perlu lagi keluar rumah untuk melepaskan kepenatan.


Chat us on whatsapp